Rabu, 09 Oktober 2019

Kunjungan HIMABIS ke PT. Dua Kelinci, Pati, Jawa Tengah



Foto Bersama di halaman depan PT.Dua Kelinci, Pati, Jawa Tengah.
Selasa, 8 Oktober 2019, HIMABIS melakukan kunjungan ke PT. Dua Kelinci, Pati, Jawa Tengah. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari program kerja HIMABIS yaitu JAJAPIN (Jalan-jalan Pintar). Program kerja JAJAPIN kali ini HIMABIS ditemani oleh 3 dosen pendamping. Diantaranya adalah Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FIA UNISMA, Bapak Dadang Krisdianto S.Sos., M.Si. , Ibu Dr. Siti Saroh M.Si., dan Ibu Noni Mia Rahmawati S.S., M.Pd. Dalam kunjungan ini, seluruh mahasiswa yang hadir tidak hanya bisa berkesempatan untuk melihat langsung proses produksi dari PT. Dua Kelinci, tetapi juga bisa mengetahui alur sejarah, sistem pemasaran, dan perkembangan dari PT. Dua Kelinci tersebut.


Foto dosen pendamping bersama dengan maskot PT. Dua Kelinci

        Alur produksi dari PT. Dua Kelinci ini sangat menarik untuk dipelajari. Untuk memproduksi kacang garing, terdapat tujuh proses yang harus dilalui. Mulai dari pendataan barang mentah (kacang dari petani), kemudian proses pengecekan kualitas bahan mentah, proses pembersihan kacang, proses perebusan kacang, proses pengeringan kacang yang sudah direbus, proses sortir kualitas kacang, sampai proses pengemasan. Semua proses tersebut tentunya sudah dilakukan secara professional sesuai dengan standard internasional. Hal itu dibuktikan dengan penjualan produk yang sudah mendunia. Bahkan PT. Dua Kelinci pernah mensponsori salah satu klub sepakbola raksasa eropa yaitu Real Madrid. Saat ini PT. DUa Kelinci tidak hanya memproduksi kacang garing saja, tetapi juga sudah mulai melakukan inovasi produk dengan memproduksi makanan ringan lain seperti wafer yang sudah di ekspor juga ke mancanegara.

Mahasiswa yang mengikuti kunjungan tersebut sangat antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Setelah melihat sistem produksi dan mengetahui sistem pemasaran yang diterapkan oleh PT. Dua Kelinci, harapannya, seluruh mahasiswa ilmu administrasi bisnis yang mengikuti kegiatan jajapin part 4 ini dapat termotivasi dan lebih berani untuk bertindak demi menjadi pengusaha yang sukses.
Foto penjelasan materi dari Ibu Desi selaku marketing dari PT. Dua Kelinci


Tidak ada komentar:

Posting Komentar